Pages - Menu

Selasa, 10 Juni 2014

PENGANTAR GRAFIKA KOMPUTER





PENGANTAR GRAFIKA KOMPUTER DAN SISTEM SERTA PENERAPANNYA


Apa fungsi komputer?
•  Mempercepat perhitungan
•  Jumlah data yang besar
•  Penyajian daya yang efisien dan efektif
So, salah satunya penyajian secara grafis --> munculnya grafika komputer
Why? Meningkatkan komunikasi manusia dengan mesin

A.  SISTEM GRAFIKA KOMPUTER
Data : grafik,  operator  tidak  dapat  berinteraksi  dengan  komputer  (statis).
Diinginkan  interaktif  melalui grafika komputer  :  operator  bisa mengendalikan  :
isi, format, bentuk, ukuran, warna.
- Sistem interaktif : mensimulasikan real world pada layar komputer.
- Berdasarkan cara pandang pada layar :
o  Motion dynamic : objek bergerak, kita sbg pengamat (diam) atau sebaliknya.
    ex : flight simulator
o  Update dynamic : perubahan sifat pada objek (bentuk,warna).
    ex : simulasi tabrakan mobil

B.  PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
1. Computer Aided Design (CAD)
2. Presentasi Art
3. Hiburan
4. Pendidikan dan Pelatihan
5. Visualisasi

C.  KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
1. Berdasarkan tipe dari objek dan gambar yang dihasilkan
2. Berdasarkan interaksi dan derajat pengendalian objek/gambar dalam layar
3. Berdasarkan role of the picture
4. Berdasarkan hubungan antara objek dan gambar yang tertampil.

Image Processing vs Computer Graphics

Image Processing vs Computer Graphics

MONITOR
Komponen Utama Monitor :
1.  Display
2.  Frame Buffer :  berbentuk matrix
3.  Display Controller/Display processor
Dari cara menampilkan gambar :
1.  Vector Display/Calligraphic Display/Stroke Display (60-an)
     Gafik  vektor  (vector  graphics)  terbentuk  dari  garis  dan kurva  yang  didefinisikan  secara  matematis  yang  disebut vektor.
2.  Raster Display. (70-an)

PRINTER vs PLOTTER
1.  Printer : Raster Technology
2.  Plotter : Vector Technology

D.  KLASIFIKASI PENERAPAN GRAFIKA KOMPUTER
Software pengolah tata letak (layout)
- Software pengolah tata letak  : yang banyak  digunakan untuk pembuatan publikasi seperti buku  atau majalah dengan jumlah halaman yang banyak ini memiliki kemampuan mengatur penempatan teks dan gambar yang biasanya dilengkapi dengan fasilitas pengaturan format teks dan template yang  lengkap.  Software  yang  termasuk  dalam  kelompok  ini  diantaranya adalah   Adobe  Pagemaker,  Adobe  FrameMaker,  Adobe  InDesign,  Quark Xpress, Corel Ventura, Microsoft Word dan Microsoft Publisher.
- Software pengolah vektor/ garis
Software dalam kelompok ini banyak digunakan  untuk mengolah gambar dalam bentuk  garis  dan  kurva,  sehingga  sering disebut  sebagai  software ilustrasi. Software yang termasuk dalam kelompok  ini diantaranya adalah CorelDraw,  Macromedia  FreeHand,  Adobe  Illustrator,  Metacreation Expression dan Micrografx designer.
- Software pengolah pixel/ image
Software dalam kelompok ini banyak digunakan  untuk memanipulasi dan memperbaiki foto atau  membuat lukisan digital.Software yang termasuk dalam  kelompok  ini  diantaranya  adalah  Adobe  PhotoShop,  Corel PhotoPaint,  Microsoft  Photo  Editor,  Micrografx  Picture  Publiser,  dan Metacreation Painter.
- Software pengolah animasi 2 dimensi/ video
Software  dalam  kelompok  ini  banyak  digunakan  untuk  mengolah, memproduksi  atau  mengedit  animasi  dua  dimensi/  video.  Dan  software dalam kelompok ini masih dapat dibagi menjadi tiga kelompok lagi,  yaitu: software  editing  video,  software  efek  khusus,  dan  software  pengolah animasi.
o  Software editing video
Yang  termasuk  software  editing  video  yang  diantaranya  adalah Adobe  Premiere,  Ulead  MediaStudio,  Ulead  Video  Studio,  Vegas Video,  Asymetrix  Digital  Video  Producer,  Film  Edit,  dan  Discreet Edit.
o  Software efek khusus
Sementara  yang  termasuk  software  efek  khusus  adalah  Adobe AfterEffects, Discreet Logic Effects,Avid Media dan Digital Fussion.
o  Software pengolah animasi dua dimensi
Dan  yang  termasuk  software  pengolah  animasi  dua  dimensi adalah Macromedia Flash, SoftImage Toonz, dan Animo.Software pengolah animasi tiga dimensi Software  dalam  kelompok  ini  banyak  digunakan  untuk  mengolah  model dan  animasi  tiga  dimensi  seperti  yang  telah  banyak  digunakan  dalam pembuatan film animasi tiga dimensi seperti Star  Trex, babylon V, Bug’s Life,  Toy  Story  dan  Jurassic  Park.  Dan  software  yang  termasuk  dalam kelompok  ini  adalah  3D  Studio,  3D  Studio  Max,  Lightwave,  Maya,  Ray Dream, Poser, dan SoftImage.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar