Perangkat Lunak Grafis
Struktur dasar perangkat lunak grafis dapat digambarkan sebagi berikut :
Gambar Dispaly Processor
Perbandingan GK dan Image
Elemen-elemen Dasar Grafika Komputer
Ada beberapa elemen dasar dari grafika komputer, antara lain:
- Polyline
- Text
- Filled Region
- Raster Image
o Polyline
Polyline adalah deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Polyline merupakan dasar dari setiap pembuatan grafik.
o TextAda beberapa elemen dasar dari grafika komputer, antara lain:
- Polyline
- Text
- Filled Region
- Raster Image
o Polyline
Polyline adalah deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Polyline merupakan dasar dari setiap pembuatan grafik.
Teks menunjukkan pola-pola huruf pada komputer. Hal inimenyebabkan layout dari hasil editing teks dengan menggunakan komputer menghasilkan banyak sekali variasi tulisan. o Filled Region
Filled Region adalah bagaimana memberi (memblok) warna atau pattern pada sebuah area tertentu. o Raster Image
Raster image merupakan cara penyajian gambar menggunakan matriks dari setiap sel gambar. Sebuah gambar didefinisikan sebagai array dari besaran-besaran numerik. Model data ini banyak digunakan untuk keperluan pengolahan citra.
Sistem Penampil Grafis/Grafika Komputer
o Sistem Koordinat
Terdapat 2 sistem koordinat yang digunakan dalam GK yaitu koordinat
cartesian dan koordinat layar/monitor.
Koordinat Cartesian
Sistem koordinat ini digunakan di berbagai konsep matematika, stastistik,
maupun grafika komputer
Koordinat Layar/Monitor
Koordinat yang ada pada layar komputer. Ini digunakan padaimplementasi/penerapan dengan program komputer.
Koordinat yang ada pada layar komputer. Ini digunakan padaimplementasi/penerapan dengan program komputer.
Ilustrasi sistem penampil grafis
Sebuat pixel (titik gambar) pada monitor memiliki kode khusus yang tersimpan di memori, sesuai posisi pixel tersebut. Sebagai misal kode 0 untuk pixel wana dasar dan 1 untuk warna dari pixel maka dalam memori terdapat dulplikat cita pixel dalam bentuk biner. Bila kombinasi warna pixel semakin banyak maka ruang memori yang dibutuhkan semakin besar, karena setiap pixel harus dapat diidentifikasi posisi, dan kombinasi warnanya.
Pembangkit garis ( dari pixel )
(pixel : picture element – titik elemen gambar)
(pixel : picture element – titik elemen gambar)
1. Matrix pixel penampil gambar
2. Algoritma Bresenham
1. Tentukan koordinat awal garis (x0,y0)
2. tentukan koordinat akhir garis (x1,y1)
3. Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx) --- Dx=x1-x0
4. Hitung jarak horisonal ke 2 titik (dy) ---- Dy=y1-y0
5. Tentukan faktor pembagi (mencari yg lebih panjang)
Apakah dx>dy,bila ya
Step=dx
Bila tidak
Step=dy
6. Hitung faktor penambah ke koordinat mendatar dan vertikal titik berikut
(x_tambah,y_tambah)
X_tambah=dx/step
Y_tambah=dy/step
7. Buat loop mulai titik ke 1 sampai titik ke step
1. Tentukan koordinat awal garis (x0,y0)
2. tentukan koordinat akhir garis (x1,y1)
3. Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx) --- Dx=x1-x0
4. Hitung jarak horisonal ke 2 titik (dy) ---- Dy=y1-y0
5. Tentukan faktor pembagi (mencari yg lebih panjang)
Apakah dx>dy,bila ya
Step=dx
Bila tidak
Step=dy
6. Hitung faktor penambah ke koordinat mendatar dan vertikal titik berikut
(x_tambah,y_tambah)
X_tambah=dx/step
Y_tambah=dy/step
7. Buat loop mulai titik ke 1 sampai titik ke step
For k=1 to step
8. Hitung koodinat titik berikutnya
X=x+x_tambah
Y=y+y_tambah
9. gambar pikxel pada koordinat (x,y)
Catatan : koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga hasil dari perhitungan diatas harus diinteger-kan
8. Hitung koodinat titik berikutnya
X=x+x_tambah
Y=y+y_tambah
9. gambar pikxel pada koordinat (x,y)
Catatan : koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga hasil dari perhitungan diatas harus diinteger-kan
10. Ulangi langkah ke 7, dan setetrrsnya sampai titik ke step
Program untuk menciptakan garis dari titik dengan algoritma Bresenham
0 komentar:
Posting Komentar