@AstikaAyuningtyas. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Konsep Dasar Pemrosesan Paralel

Pemrosesan paralel menjadi salah satu solusi komputasi dalam skala besar yang menawarkan kecepatan pemrosesan. Dimana, di dalam paralel sebuah permasalahan dipecah menjadi bagian yang terkecil. untuk kemudian setiap bagiannya dieksekusi dua atau lebih prosesor/memory secara simultan. Pada prinsipnya, pemrosesan paralel menyelesaikan problem dalam skala yang besar menjadi bagian-bagian kecil. Tujuan utamanya adalah untuk mempersingkat waktu penyelesaian tugas-tugas dengan cara mengoptimalkan resorce pada sistem komputer yang ada untuk mencapai tujuan yang sama.

Sederhananya, semakin banyak yang bisa dilakukan secara bersamaan (dalam waktu yang sama) di dalam paralel, semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Lantas apa yang membedakan pemrosesan paralel dengan serial. Pada pemrosesan serial jelas terlihat bahwa proses dijalankan di komputer tunggal dengan satu CPU, selain itu problem dipecah dalam instruksi dengan eksekusi berurutan (hanya satu eksekusi dalam satu waktu (lihat ilustrasi pemrosesan serial pada Gambar 1).
 
Gambar 1. Ilustrasi Pemrosesan Tunggal (Serial)

Berbeda dengan pemrosesan yang dilakukan secara paralel dimana problem yang diselesaikan dijalankan menggunakan banyak CPU, problem dipecah menjadi bagian yang dapat dikerjakan secara bersamaan. Setiap bagian yang dipecah menjadi instruksi yang terurut dan dieksekusi secara simultan di CPU yang berbeda (lihat ilustrasi pemrosesan paralel pada Gambar 2).
 
Gambar 2. Ilustrasi Pemrosesan Paralel

Jika dilihat pada Gambar 2 pada pemrosesan paralel di setiap instrusinya dijalankan secara serial dalam waktu yang bersamaan antar CPU yang bekerja mengeksekusi data. Dengan kata lain, model arsitektur paralel ini dapat diklasifikasikan ke dalam taksonomi Flynn pada model SIMD (Single Instruction Multiple Data), dimana Michael J. Flynn membedakan arsitektur komputer multiprosesor berdasarkan dimensi instruksi dan data, kemudian dibagi menjadi single atau multiple. SIMD merupakan tipe komputer paralel karena semua processing unit (PU)-nya mengeksekusi instruksi yang sama dalam satu waktu, selain itu proses pada setiap PU boleh dengan data yang berbeda-beda. Dapat dicontohkan pada problem spasial penerapan tipe komputer ini digunakan untuk pemrosesan grafik seperti pada komputer dengan GPU.

Pemrosesan paralel haruslah memiliki kemampuan untuk:
1. Menjalankan multi instruksi program dalam satu waktu.
2. Memecah program ke beberapa task dan dikerjakan secara simultan
3. Menyelesaikan problem lebih cepat di multi sumber daya komputasi daripada sumber daya tunggal.
4. Membagi beban kerja dan mendistribusikannya pada komputer-komputer lain yang terdapat dalam sistem untuk menyelesaian suatu masalah.
5. Sistem ini nantinya akan terdiri dari sejumlah komputer atau memory yang akan bekerja sama untuk menyelesaikan suatui masalah.

Lantas apa yang menjadi pertimbangan dilakukannya pemrosesan paralel, this's simple "Menghemat waktu dan biaya" karena penggunaan lebih banyak resource untu satu task akan mempercepat waktu pengerjaan, dengan potensi penghematan biaya.  Disamping itu, cluster dapat dibangun dengan komponen komoditas dan murah. Pertimbangan berikutnya, this's logic "Mengerjakan problem dalam skala yang lebih besar" karena banyak problem yang tidak bisa dipecahkan dengan komputer tunggal/serial, dikarenakan keterbatasan memori: Grand Challenge, web search engine yang memproses jutaan transaksi per second.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

daenanwaclawski mengatakan...

The sequence explores the influence of problem playing on communities of colour and the extent to which states provide cash for problem playing remedy. McCaffery mentioned he was unaware of the slot machines on bases however pledged to offer his attention to the matter and how it it} “links to a few of [Sen. Warren’s] issues regarding playing disorder.” He then dedicated to implementing the NDAA provision. Clinician Jessica Vance pointed to her computer screen level out|to indicate} the questions counselors ask, together with whether or not 봄비벳 callers are in danger for suicide.

Posting Komentar