@AstikaAyuningtyas. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Perangkat Lunak Grafis

Perangkat Lunak Grafis
Struktur dasar perangkat lunak grafis dapat digambarkan sebagi berikut :

                     Gambar Dispaly Processor

Perbandingan GK dan Image
Elemen-elemen Dasar Grafika Komputer
Ada beberapa elemen dasar dari grafika komputer, antara lain:
-  Polyline
-  Text
-  Filled Region
-  Raster Image
o  Polyline
Polyline adalah deretan garis-garis lurus yang berhubungan. Polyline merupakan dasar dari setiap pembuatan grafik.
o  Text
Teks  menunjukkan  pola-pola  huruf  pada  komputer.  Hal  inimenyebabkan  layout  dari  hasil  editing  teks  dengan  menggunakan komputer menghasilkan banyak sekali variasi tulisan.
o  Filled Region
Filled Region  adalah bagaimana memberi (memblok) warna atau pattern pada sebuah area tertentu.
o  Raster Image
Raster   image   merupakan   cara   penyajian   gambar   menggunakan matriks dari  setiap sel gambar. Sebuah gambar didefinisikan sebagai array dari besaran-besaran numerik. Model data ini banyak digunakan untuk keperluan pengolahan citra.
Sistem Penampil Grafis/Grafika Komputer
o  Sistem Koordinat
Terdapat  2  sistem  koordinat  yang  digunakan  dalam  GK  yaitu  koordinat
cartesian dan koordinat layar/monitor.
Koordinat Cartesian
Sistem koordinat ini digunakan di berbagai konsep matematika, stastistik,
maupun grafika komputer
Koordinat Layar/Monitor
Koordinat   yang   ada   pada   layar   komputer.   Ini   digunakan   padaimplementasi/penerapan dengan program komputer.
Ilustrasi sistem penampil grafis

Sebuat pixel (titik gambar) pada monitor memiliki kode khusus yang tersimpan di memori,  sesuai  posisi  pixel  tersebut.  Sebagai  misal  kode  0  untuk  pixel  wana  dasar  dan  1 untuk warna dari pixel maka dalam memori terdapat dulplikat cita pixel dalam bentuk biner. Bila kombinasi warna pixel semakin banyak maka ruang memori yang  dibutuhkan semakin  besar,  karena  setiap  pixel  harus  dapat  diidentifikasi  posisi,  dan  kombinasi warnanya.

Pembangkit garis ( dari pixel )
(pixel : picture element – titik elemen gambar)
1.  Matrix pixel penampil gambar
2.  Algoritma Bresenham
1. Tentukan koordinat awal garis (x0,y0)
2. tentukan koordinat akhir garis (x1,y1)
3. Hitung jarak mendatar ke 2 titik (dx) --- Dx=x1-x0
4. Hitung jarak horisonal ke 2 titik (dy) ---- Dy=y1-y0
5. Tentukan faktor pembagi (mencari yg lebih panjang)
    Apakah dx>dy,bila ya
    Step=dx
    Bila tidak
    Step=dy
6. Hitung faktor penambah ke koordinat mendatar dan vertikal titik berikut
    (x_tambah,y_tambah)
   X_tambah=dx/step
   Y_tambah=dy/step
7. Buat loop mulai titik ke 1 sampai titik ke step
For k=1 to step
8. Hitung koodinat titik berikutnya
    X=x+x_tambah
    Y=y+y_tambah
9. gambar pikxel pada koordinat (x,y)
   Catatan :  koordinat x,y harus bulat (integer), sehingga  hasil dari perhitungan  diatas harus diinteger-kan
10. Ulangi langkah ke 7, dan setetrrsnya sampai titik ke step

Program untuk menciptakan garis dari titik dengan algoritma Bresenham
 


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar