@AstikaAyuningtyas. Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Pengantar Struktur Data dan Algoritma

Apa itu algoritma?

Algoritma merupakan langkah-langkah atau aturan logis yang dideskripsi tekstual dengan pola baku untuk menyelesaikan suatu masalah. Dengan kata lain, jika Kalian memiliki suatu masalah dimana masalah tersebut butuh penyelesaian satu per satu, tahapan itulah yang Kita namakan sebagai sebuah algoritma. Algoritma bisa berupa bahasa alami seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dst (inget dulu waktu SMA dapet pelajaran Bahasa Inggris tentang Procedural, contohnya bikin "How to Make Fried Rice", itu salah satu contoh penerapannya), selain itu algoritma bisa berupa notasi algoritmik atau lebih Kita kenal dengan Pseudocode, bisa juga berupa Flowchar (bisa dibaca diagram alir). Ketika Kalian mempelajari tentang algoritma, salah satu yang harus diingat adalah tiga struktur dasar pembangun algoritma yaitu:
  1. Sequence: Algoritma harus runtut ya
  2. Selection: Algoritma terdapat pemilihan, mana bagian deklarasi variabelnya, tipe datanya apa, prosesnya bagaimana, hasilnya mau seperti apa, dll. 
  3. Looping: Di dalam algoritma penting terdapat perulangan karena bila pada suatu kondisi Kita telah memilih salah satu alternatif yang ada tetapi alternatif tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan maka Kita perlu kembali ke langkah-langkah sebelumnya untuk mencari alternatif lain. Itu pentingnya kenapa dalam algoritma ada Looping.

Apa itu Struktur Data?

Struktur data adalah cara Kita meniyimpan, menyusun, mengatur data sehingga data dapat digunakan secara efektif dan efisien. Struktur data itu modelnya logika atau matematik yag secara khusus mengorganisasi 

Contoh Struktur Data

Bentuk-bentuk struktur data antara lain:
  1. Array atau Larik 
  2. Record atau Rekaman atau Struct atau Struktur
  3. Searching
  4. Sorting
  5. Stack atau Tumpukan 
  6. Queue atau Antrian
  7. List atau Susunan 
  8. Graph 
  9. Tree

Hubungan Algoritma dan Struktur Data 

Kita sudah membicarakan algoritma dan struktur data, lantas hubungan keduanya apa?
Program adalah kumpulan instruksi komputer, sedangkan metode dan tahapan sistematis dalam program adalah algoritma. Sebuah program membutuhkan struktur pengaturan dan pengaksesan data-data agar dapat digunakan dengan efektif.

Demikian materi pengantar tentang struktur data dan algoritma. Semoga membantu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar